hewan asli kalimantan terancam punah

Rabu, 26 Oktober 2011

Kalimantan, sebuah pulau besar yang mana wilayahnya dikuasai/dimiliki oleh tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Pulau ini memiliki banyak sekali binatang langka yang tidak akan kita temukan di daerah lain di dunia. Semua foto hewan berikut ini adalah binatang khas dan asli daerah Kalimantan. Dan dewasa ini binatang-binatang tersebut sudah terbilang sangat sukar ditemukan, bahkan hampir punah.

Burung Enggang, yang merupakan lambang kebanggaan suku pedalaman Kalimantan, sekarang sulit ditemukan di kawasan ini. Pada tahun 1970-an mereka masih berseliweran dan akrab dengan lingkungannya. Namun semenjak Orde Baru membuka pintu bagi penebangan hutan di daerah Kalimantan khususnya, burung ini dan berbagai jenis binatang rimba menghilang seiring dengan lenyapnya sekian juta hektar hutan alam. Terlebih lagi dengan maraknya illegal logging yang dilakukan oleh penduduk setempat yang dimotori oleh para cukong dari Jakarta bekerja sama dengan pengusaha luar negeri.

Spoiler Burung Enggang:



Spoiler for Dari dekat:




Spoiler for Mejeng gan:



Spoiler for Rame Nih:


Spoiler Bangkui :

Spoiler Orang Hutan:



Ukan Pesut sejenis lumba-lumba yang memiliki kepala bundar dan hidup di air tawar tepatnya Sungai Mahakam. Hampir Punah Karena air Sungai Mahakam yang tercemar limbah perusahaan.

Spoiler Ikan Pesut:

Spoiler for Atraksi:

Kenalkan gan namanya beruang madu. disini hampir punah karena sering diburu dan diperjual belikan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Spoiler for Ciluk-Ba:


Spoiler for Malas nih:


Spoiler for Masih ada:


Yang satu ini jadi maskotnya Dufan dan sangat jarang bisa ditemukan. Pertambangan dan eksploitasi berbagai kekayaan alam yang tanpa mengenal konservasi dan reboisasi mengakibatkan kehancuran lingkungan di Kalimantan. Banyaknya lahan galian batubara, minyak bumi, emas dan intan yang menghabiskan jutaan hutan menyebabkan musnahnya berbagai jenis fauna maupun flora di Kalimantan.

Spoiler
for mejeng:
Spoiler for ngerumpi nih:
Binatang yang satu ini hampir punah karena diburu oleh warga untuk dimakan dagingnya, yang lezat, manis dan gurih melebihi nikmatnya daging sapi. Orang sini menyebutnya Payau (Kijang Kalimantan). Begitu juga dengan nasib Kancil alias sang Pelanduk.

Spoiler for Payau:

Spoiler for Menjangan:


Spoiler for kancil:

Macan Dahan yang akhir-akhir ini membuat heboh karna baru 3 tahun yang lalu diputuskan sebagai spesies baru yang langka.

Spoiler for Macan Kumabang:



Spoiler
for Lebih dekat:

1 komentar:

Fadly Fauzan mengatakan...

teman saya pernah bilang kalau Bangkui memiliki sepasang taring yang besar, sebenarnya Bangkui sendiri monyet/kera seperti apa? Nama lainnya apa?

Poskan Komentar